Hikmah dibalik kisah JABIR Bin ABDULLAH

Bercerita tentang sahabat didikan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam, seperti Abdullah bin Abbas, Usamah bin Zaid dan masih banyak lagi. Beliau menerima Islam di usia yang masih kecil bahkan belum dewasa. Kisah Jabir bin Abdullah masuk Islam dimulai saat sebuah rombongan melangkahkan kaki dari Yatsrib menuju kota Makkah, untuk melaksanakan pertemuan yang agung dengan Rasulullah (Baiat Aqobah).  Mereka pergi ke Makkah dengan penuh semangat, hasrat dan rasa bahagia.

Di antara rombongan tersebut, ada seorang laki-laki tua yang mempunyai 10 anak, yaitu 9 anak perempuan dan 1 anak laki-laki, dan satu anak laki-laki tersebut lah yang dibawa oleh laki-laki tua bersama rombongan menuju Makkah. Siapa laki-laki tua dan anak laki-lakinya itu?? Laki-laki tua itu adalah Abdullah bin Amru al-Khazarazi al-Anshari. Sedangkan anaknya adalah Jabir bin Abdullah itu sendiri. Kadang beliau di panggil Ibnu Abdullah (Anaknya Abdullah)

Setelah rombongan tersebut bertemu Nabi Muhammad, mereka meletakkan tangannya di tangan Rasulullah, mereka membaiat untuk taat kepada Rasulullah dan mendengarkan, mendukung rasul dan menolong serta membelanya. Pada akhirnya, Islam menyentuh hati Jabir bin Abdullah yang masih kecil seperti embun yang menyentuh kelopak bunga lalu ia pun merekah dan merebakkan bau harum semerbak nan wangi.

Diantara banyak kisah yang menceritakan tentang Jabir bin Abdullah, ada salah satu kisah beliau bersama Rosulullah SAW pada saat penggalian parit dalam perang Khandaq atau dikenal juga perang Ahzab, dimana daging anak kambing dan 1 sha gandum yang disiapkan Jabir dan istrinya yang tadinya hanya untuk Rosul dan 1 atau 2 orang sahabatnya dengan keberkahan dan mukjizat Rosulullah SAW bisa mencukupi seluruh pasukan muslim yang sudah 3 hari belum makan bahkan masih ada sisa untuk dihadiahkan kembali untuk kaum muslimin pada saat itu. Untuk cerita lengkapnya nanti temen-temen bisa buka kembali kisahnya ya.

Yang jelas ada 1 hikmah dari sekian hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil, yaitu tentang INISIATIF, dari kisah Jabir itu mukjizat Rosulullah SAW terjadi setelah ada inisiatif dari Jabir Bin Abdullah untuk memasak 1 ekor anak kambing dan 1 sha yang mereka punya karena melihat Rosul dan semua sahabat sudah kelaparan karena belum makan selama 3 hari, bahkan sampai para shabat dan Rosul sekalipun sudah mengganjal perutnya dengan batu.

Apa jadinya kalau saat itu tidak ada INISIATIF dari Jabir Bin Abdullah untuk meminta ijin pulang kepada Rosulullah SAW dan memasak 1 ekor anak kambing dan 1 sha gandum yang mereka punya dan hanya itu yang mereka punya pada saat itu.

Tentunya itu semua terjadi atas ijin, qudrat dan irodatna Allah SWT., untuk mengajarkan kepada kita semua. Wallohu A'lam,,, :)